-->

Cara Merawat mobil dengan mudah

Melakukan perawatan mobil adalah tugas yang harus di lakukan oleh setiap pemiliknya Karena kondisi kendaraan yang prima dapat memperpanjang umur mobil anda, Kendaraan yang kurang terawat merupakan salah satu faktor terbesar kedua setelah kelalaian pengemudi penyebab kecelakaan di jalan.  Beberapa point penting untuk cara merawat mobil dengan mudah adalah Perhatikan kondisi mesin, ban dan lampu karena tiga bagian tersebut merupakan bagian paling penting terhadap mobil. anda pun bisa melakukan perawatan dasar sendiri. 

Untuk detail langkah-langkah cara merawat mobil dengan mudah adalah :

  1. Cek starter mobil, apabila mobil tidak bisa di starter cek beberapa bagian seperti saringan karburator, yaitu dengan mencabut filter dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi.
  2. Oli mesin, seperti sudah kita ketahui untuk peranan oli mesin itu sangatlah penting, biasakan oli mesin mobil anda menggantinya setiap 3000 sampai 5000 km. Dan jangan lupa juga untuk membersihkan atau mengganti filter oli nya, karena akan percuma apabila oli nya baru tetapi filternya masih kotor (tidak di ganti)
  3. Cek radiator, fungsi dari radiator adalah untuk menjaga supaya suhu pada mesin mobil kita tetap dingin (suhu normal mesin) atau supaya mesin tidak cepat panas (over heating), cara memeriksa radiator mobil adalah dengan mengecek kebocoran, melakukan pengurasan dan penggantian air radiator (ganti setiap 10.000 km)
  4. Periksa timing belt, berfungsi untuk meneruskan putaran roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin, untuk timing belt yang rusak biasanya akan menimbulkan suara-suara yang mendengung saat mobil di jalankan.
  5. Tune up rutin, untuk pengecekan lebih detail pada mobil, tidak salah nya kalau kita selalu melakukan tune up pada mobil kita yaitu pada bagian busi, filter bahan bakar dan oli.
  6. Gas dengan kuat, sesekali lakukan penginjakan gas dengan kuat, karena aktivitas ini bisa membuat kotoran yang ada di karburator atau pembakaran akan berkurang. 
  7. Sistem kelistrikan, untuk pengecekan kelistrikan mobil ada 2 cara yaitu manual dan otomatik, biasanya untuk mobil-mobil sekarang sudah menggunakan kelistrikan dengan system CDI (serba elektronik), untuk mobil yang masih konvensional bisa dilakukan secara manual (dengan skill yang mumpuni) tetapi kalau yang system CDI, apabila kita belum begitu memahami nya lebih baik di bawa ke bengkel karena tersedia alat-alat yang khusus untuk mengecek kelistrikan pada system CDI.

Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter :

  1. Karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya.
  2. Karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional.
Demikian informasi kali ini untuk cara merawat mobil dengan mudah, yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi para pembaca pada umumnya. Amin.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments