-->

Ciri-ciri Busi Mobil Harus Diganti

Macam merk Busi
Untuk komponen yang satu ini tidak boleh di anggap remeh. Walaupun kecil tapi fungsi dan kinerjanya sangat penting. Seperti contoh nya saat mobil kita susah hidup atau menyala biasanya yang pertama harus di cek yaitu pada komponen ini yaitu busi. Adapun ciri Busi harus ganti atau rusak adalah tergantung dari faktor usia nya dan bisa dilihat dari pengapian nya yang sudah melemah dan akibatnya mesin jadi kurang bertenaga.



Efek lain dari Ciri busi harus ganti adalah Pemakaian bensin menjadi boros dikarenakan asupan bensin ke ruang bakar menjadi meningkat sedangkan percikan api yang dihasilkan dari busi melemah. Sehingga aliran bensin ke ruang bakar (mesin) menjadi deras.

Standart penggantian busi untuk mobil yang memiliki platina :

  1. Mobil baru : Dilakukan setiap 60 ribu mil atau 96 ribu km
  2. Mobil lama : Dilakukan setiap 15 ribu mil atau 24 ribu km

Ciri Busi harus di ganti :

  1. Insulator dan elektrode nya berwarna abu-abu terang atau coklat kemerah-merahan. Busi dikatakan baik.
  2. Elektrode dan busi tertutup dengan jelaga hitam. Periksa setelan injeksi, mekanisme cuk, saringan udara atau bila perlu ganti busi dengan yang baru. 
  3. Ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah. Bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengganti busi :

Pastikan mesin mobil sudah mati dan di parkir pada tempat yang nyaman (tempat yang datar) dan pastikan mesin sudah dingin. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, sebaiknya lepaslah aki mobil anda.
Langkah-langkah nya dalam mengganti busi yaitu :
Bersihkan bagian dari busi dengan menggunakan semprotan angin dengan berkekuatan tinggi, semprotan angin bisa didapat dari air compressor. Membersihkan kerak dengan menggunakan air compressor pada busi sangatlah penting sehingga kotoran atau karbon fluida jika saat dibersihkan tidak ada yang jatuh ke dalam silinder.

Lepaskan kawat busi dengan memutar tutup karetnya sambil menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal itu bisa merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya dengan memutarnya.
Peringtan keras agar supaya kita bisa hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang jatuh dalam padanya.

Sebaiknya busi baru yang akan dipasang sudah tersedia lebih dulu sesuai spesifikasi pabrikan kemudian Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin.
Demikian informasi mengenai Ciri-ciri Busi Mobil harus diganti.

Untuk mengetahui Type busi yang cocok untuk mobil anda bisa baca disini

Share this:

Related Posts
Disqus Comments