-->

Cara Membersihkan Busi Mobil

Melanjutkan Postingan saya ciri-ciri busi mobil harus diganti, supaya para sobat semuanya bisa menemukan dan mengetahui cara mengatasi kerusakan pada busi (selain beli baru).
Berikut ini adalah tahapan dalam perawatan busi mobil dan Cara membersihkan Busi Mobil  terkait dengan postingan saya Ciri-ciri Busi mobil harus diganti:
  1. Pemeriksaan kondisi busi mobil : Pemeriksaan busi mobil ini bertujuan untuk mengetahui apa yang terjadi pada busi, apakah busi kotor ataukah busi sudah mati, cara memeriksanya cukup sederhana yakni buka kabel busi - lepaskan busi dengan kunci busi - lalu amati kondisi fisik busi: berikut ini adalah kondisi busi (baca tentang kondisi busi busi normal dan rusak)
  2. Identifikasi kondisi busi : Setelah mengetahui kondisi busi seperti apa, lakukan penanganan. Jika busi sudah rusak maka lakukan penggantian dengan busi yang baru, akan tetapi jika busi hanya kotor maka lakukan Cara Membersihkan Busi mobil seperti dijelaskan di bawah.
  3. Penyetelan jarak elektroda : Mulai tahap penyetelan kembali jarak elektroda negatif dan elektroda tengah untuk memberikan percikan yang optimal (di ujung busi), gunakan obeng untuk menyetelnya. Perhatikan jarak elektroda, usahakan tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh, jika bisa mendekati ukuran saat membeli busi (keadaan baru), biasanya jarak elektroda berkisar 0,6 mm sampai 0,8 mm.
  4. Pemasangan kembali : Memasang busi lebih baik menggunakan tangan sampai terasa benar-benar masuk lalu gunakan kunci busi untuk mempereratnya.
untuk mengetahui jenis dan type busi untuk mobil anda bisa baca disini

Cara Membersihkan busi mobil yang kotor :

  1. Masukkan busi mobil pada wadah yang berisi bensin (busi di rendam) untuk beberapa saat 5-10 menit, hal ini dilakukan agar kotoran lebih mudah dikeluarkan
  2. Sikat kotoran yang menempel pada bagian-bagian busi, mulai dari ujung satu ke ujung lain (bagian atas sampai bawah busi). gunakan sikat gigi juga bisa
  3. jika pada bagian elektroda masih belum bersih, ampelas bagian ujung elektroda dan gunakan batang korek kayu untuk mencongkel kotoran yang mungkin mengendap, lalu sikat lagi dengan larutan bensin tadi.
  4. Jika memungkinkan tiup busi dengan kompresor (udara bertekanan tinggi) agar kotoran benar-benar menghilang dan busi mengering

Demikian lah artikel kali ini. mengenai seputaran Ciri-ciri Busi mobil harus di ganti dan Cara membersihkan Busi Mobil. semoga artikel ini bisa menambah ilmu otomotif para pembaca dan bermanfaat. amin


Share this:

Related Posts
Disqus Comments