-->

Cara Memanaskan Mobil yang benar

Memanaskan mobil adalah kegiatan yang bisa dibilang “wajib” hukumnya bagi semua pengguna kendaraan, baik itu motor atau mobil, apalagi kendaraan itu sudah lama tidak dinyalakan lebih dari 12 jam. Kareana pada rentang waktu itu oli berada di bawah mesin, sedangkan normalnya oli harusnya berada di dalam mesin, (fungsi oli kan untuk melumasi bagian-bagian mesin), selain itu  mungkin sudah sewajarnya kalau kita memang merasa sayang dengan kendaraan kita, sudah barang tentu untuk memanaskan mobil itu sudah tidak bisa di tawar lagi. 
Baiklah kali ini saya akan sharing info mengenai cara memanaskan mesin mobil yang benar, khususnya mesin mobil.

Cara memanaskan mesin mobil yang benar adalah :

  1. Jangan lebih dari 5 menit, (lebih sedikit gpp), maksud nya disini adalah. Rata-rata suhu di dalam ruang pembakaran mesin akan mencapai suhu normalnya yaitu pada saat mesin mobil dinyalakan, kurang lebih 5 menit. Nah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat amphere suhu yang ada di dahboard mobil, apabila jarum sudah berada pada ½ atau 1/3 nya. Berarti suhu mesin mobil sudah pada posisi suhu normalnya.
  2. Jangan menginjak gas, kita kan hanya mau memanaskan mesin mobil saja, bukan untuk di pakai untuk perjalanan jauh atau untuk beraktifitas. jadi untuk cara memanaskan mobil yang benar, tidak usah menginjak gas.
  3. Tidak usah injak Gas, maksudnya adalah cara memanaskan mobil yang benar disini, seperti kita ketahui untuk mobil yang masih menggunakan karburator kadang perlu injak-injak pedal gas sebelum di starter, kalau untuk mobil yang sudah injection tidak diperlukan injak-injak gas lagi, jadi bisa langsung distarter, setelah itu biarkan saja mesin mobil berjalan dengan langsam, jangan sekali-kali menginjak pedal gas pada saat mesin mobil belum mencapai suhu normalnya. Karena akan merusak kinerja dari mesin mobil itu sendiri.
  4. Matikan AC, sebelum cara memanaskan mobil yang benar di lakukan pastikan AC dalam keadaan mati, karena dengan keadaan AC nyala, akan menambah beban pada mesin mobil, padalah kinerja dari mesin belum mencapai maksimal.

Demikianlah untuk Cara Memanaskan Mobil yang benar kali ini, untuk tips-tips mengenai seputar mobil, akan saya berikan pada artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita khususnya bagi para penulis dan para pembaca pada umumnya. Amin.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments