-->

Cara Cek Sendiri Mobil Susah Di Starter

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang para pembaca setia serbafash semua, dan para penggemar otomotif atau juga para pencari artikel di di google khususnya tetang dunia otomotif, kali ini saya akan share atau berbagi artikel seputar dunia otomotif.
Pada artikel kali ini sya kasih judul Cara Cek Sendiri Sebab mobil susah di starter. Dari judulnya aja ada kata-kata Cek sendiri, berarti sobat semuanya apabila nemuin masalah seperti di atas. Jangan buru-buru membasa mobil nya ke bengkel yah. Kita sendiri pun bisa melakukan pengecekannya. Ya walaupun ujung-ujungnya nanti perbaikannya di bengkel. Tapi kan kita sudah bisa mengurangi ongkos dibengkel. He.he


Baca juga :

  1. Cara Membersihkan Karburator sendiri
  2. Cara mengetahui Aki mobil sering tekor

Jadi pada artikel ini di ambil dari pengalaman saya sendiri. Saya mempunya mobil tahun tua. Yaitu mobil Kijang super tahun pembuatan 1991 yang jarang banget di pake dan jarang di panasin. Pada waktu pagi aya berniat mau mau manasin mobil, tapi tiba-tiba waktu dilakukan starter kok terasa berat,  dan terdengar bunyi . ngeuk. Ngeuk. Dan ctek.. ctek. (pertanda stroom aki masih ada dan Switch Dynamo starter normal) tapi anehnya kok mobil gak mau hidup dan Dynamo seperti tidak berputar. Akhirnya saya putuskan bahwa problem ada di Dynamo Starter.
Lalu dengan ilmu yang pas-pas an. Saya beranikan diri untuk mengecek kondisi Dynamo starter Mobil Kijang super saya. Dynamo saya lepas dari dudukan nya dan saya bongkar. Karena ilmu saya masih cetek, walaupun dynamo sudah saya bongkar, tetep saja sya bingung. Apa yang mau di cek dan apa yang mau di kerjain. He.he

Akhirnya saya telp temen saya, yang saya anggap ilmunya sudah lumayan lah untuk datang ke rumah saya dan membantu problem saya. Setelah di bongkar sama teman saya. Temen saya bilang gulungan dynamo nya menyentuh ke angker dynamo (Harusnya tidak nempel) jada effectnya akan terasa berat pada saat di starter karena gulungan dynamo nya menyentuh ke Angker Dynamo. Dan penyebab terjadinya adalah karena bearing untuk poros gulungan nya sudah aus. Jadi gulungan dynamo berputar tidak centre. Berikut saya sertakan ilustrasi photo posisi Bearing yg ada di Dynamo starter (untuk photo aslinya mohon maaf tidak sempat saya photo)



Setelah mengetahui masalahnya. Lalu temen saya memberikan gemuk pada bearing yang rusak tadi. Untuk mencoba dan meyakinkan bahwa yang masalah itu  ada di bearingnya. Setelah di berikan gemuk lalu saya coba pasang dan lakukan starter. Dan hasilnya.. gerrrrrr. Mobil pun hidup.
Jadi memang benar bahwa penyebab Mobil Susah di starter yang terjadi pada mobil saya itu adalah karena Bearingnya sudah rusak dan kering. Untuk tindakan pemberian gemuk itu hanya sementara yah. Untuk permanentnya bearing harus di ganti. Jadi para sobat semua tinggal bawa aja gulungan dynamo nya dan dateng ke toko sparepart dan bilang ke si mpunya toko beli bearing dynamo. Nanti dia kan ngerti kok.
Dan alhamdulilah mobil saya sudah bisa hidup kembali.


Demikian artikel kali ini, semoga bisa menjadi bahan referensi buat para sobat semuanya. Apabila ada yang mau di tanyakan bisa langsung isi kolom comment yah. Isnya allah akan saya bantu jawab dan mudah-mudah an saya bisa memberikan solusi nya juga. amin

Share this:

Related Posts
Newest Post
Disqus Comments