-->

Cara Mengendarai Mobil Matic


Belajar Mengendarai Mobil bisa di bilang gampang-gampang susah, dari mulai mobil type manual dan type automatic. Tapi dari kedua type mobil tersebut sebenernya ada kesamaannya. Yaitu mobil akan berakselerasi sesuai dengan perseneling/gigi yang kita pindahkan baik dengan manual (dengan tangan) atau secara otomatis (gigi perseneling pindah sendiri)

Kalau dilihat dari cara kerjanya, mobil dengan type otomatis terlihat lebih mudah di operasikan, selain sistemnya gigi perseneling pindah sendiri atau si pengendara tinggal ngijek gas aja, tenaga pun cuman sedikit terpakai. Tapi ada beberapa dari kita yang mungkin belum mengentahui Cara Mengendarai Mobil Matic.

Baiklah para sobat, berikut beberapa trik atau Cara mengendari mobil Matic, yang bisa saya bagikan buat sobat semua.

Berikut Cara Mengendarai Mobil Matic :

  1. Pemahaman penggantian pada tuas transmisi adalah dasar pengetahuan yang harus di miliki sebelum para sobat Belajar Cara Mengendarai Mobil Matic. Dan pemahaman tersebut harus sudah di luar kepala, karena apabila sudah mulai belajar, tuas transimi tidak mungkin kita lihat terus waktu kita akan melakukan perpindahan transmisi. Apabila para sobat sudah hafal dan faham mengenai perpindahan atau pergantian transmisi makan tidak akan terjadi kesalahan memasukan tansmisi. 
  2. Tuas Transmisi pada mobil Matic Karena  dalam mobil matic itu hanya ada 2 pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem, maka para sobat harus belajar membebaskan kaki kiri dari pedal kopling, supaya tidak terjadi kesalahan nginjak pedal pada saat mobil sedang melaju, maksudnya supaya kaki kiri terbiasa dengan tugas barunya yaitu sebagai penginjak rem.
  3. Biasakan kaki kiri untuk selalu mengijak rem pada pada saat perpindahan trasmisi, dengan harapan supaya mobil tidak berjalan dengan sendirinya pada saat mobil sedang melaju
  4. Apabila medan jalan yang para sobat lewati itu banyak dengan tanjakan, alangkah baiknya transmisi di posisikan pada L atau 2.
Saat berada pada posisi ini, transmisi hanya akan bisa berpindah antara gigi satu dan dua saja. Selain itu, saat jalan menurun posisi ini juga berguna sebagai engine brake.

Terakhir, bagi pengendara penting untuk memahami fungsi tombol hold. Tombol ini sebenarnya merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D.

Saat tombol diaktifkan, maka fitur ini akan mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Pada saat berkendara di dalam kota, fitur itu sangat membantu pengendara untuk lebih menghemat BBM dan itu termasuk ke dalam Cara Mengendari Mobil Matic.

Itulah beberapa tips atau Cara Mengendari Mobil Matic, yang bisa saya bagikan buat sobat semua, semoga info ini bermanfaat buat sobat semua dan menjadi perlajaran yang baru buat kita semua. selamat mencoba.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments