-->

Cara mencuci mesin mobil yang benar

Hari minggu kemaren saya melakukan kegiatan seperti biasa, yaitu nyuci mobil biar mobilnya tetep kinclong dan terawat, dan yang paling penting yaitu untuk menghindari keropos pada body mobil, setelah selesai mencuci body mobil, saya baru inget kalau untuk area mesin. Saya jarang nge cek atau jarang di bersihkan secara khusus. Biar hasil maximal (jangan luar dong yang kinclong area dalam/engine juga harus bersih dan kinclong) saya coba cek pada ruang mesin mobil saya, dan ternyata  memang benar pada area mesin itu banyak debu menempel dan dan terlihatnya sangat tidak enak alias kotor. Tanpa berfikir panjang saya ambil alat pencuci mobil beserta air, pas waktu mau action ,,, !! saya baru inget kalau di area ini ada bagian kelistrikan yang apabila terkena air akan berbahaya. Dari situ saya urungkan untuk mencuci area mesin nya. Karena sangat berisiko, terus saya coba searching di mbah google untuk mencari ilmu atau Cara mencuci mesin mobil . ternyata memang tidak sembarangan untuk mencuci mesin mobil ada Cara mencuci mesin mobil dengan benar, nah kali ini saya akan berbagi ilmu untuk Cara mencuci mesin mobil dengan benar. 
Berikut cara mencuci mesin mobil.

Persiapan Mencuci Mesin Mobil

pastikan mesin mobil dalam keadaan hangat (jangan panas) dan apabila mesin masih dingin, kalau bisa di hangatkan saja dulu.

Bungkus dengan plastik bagian-bagian elektrikal

Setelah mesin dalam keadaan hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti Distributor / Delco, Altenator, Dinamo Stater, Kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin. Bagian-bagian pengapian tersebut dapat ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, ikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari air yang dapat masuk. Atau dapat juga menutup bagian-bagian tersebut dengan alumunium foil, menggunakan alumunium foil memang lebih mudah dilakukan karena dapat direkatkan mengikuti lekukan komponen. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli (dipstick), apakah sudah terpasang dengan baik? Hal ini penting agar air tidak masuk dan bercampur dengan oli mesin mobil kita.
Bungkus bagian elektik dengan plastik

Proses Pencucian Mesin Mobil

Setelah semua bagian pengapian dipastikan dalam keadaan aman maka mesin mobil sudah siap untuk dibersihkan. Bagian yang paling mudah untuk dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian bawah kap mesin dengan disemprot menggunakan air dan setelah itu bagian dinding mesin. Untuk mencuci bagian bawah kap mesin gunakan saja sabun colek / krim karena sabun colek dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak dan juga oli. Gosok menggunakan sikat yang berbulu agak kasar, jika telah selesai segera bilas dengan air bersih, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada lagi air yang menetes ke mesin.

cara menyuci mesin mobil

 Pencucian selanjutnya adalah mencuci ruang mesin, kita dapat menyemprot air terlebih dahulu dan yang perlu diperhatikan air yang disemprotkan sebaiknya tidak menggunakan tekanan tinggi (biasa digunakan untuk cuci steam), kita cukup menyemprot dengan menggunakan slang air biasa ataupun menggunakan botol spray yang sudah tidak terpakai. Dimulai dari blok mesin bagian belakang kemudian dilanjutkan ke bagian depan mesin mobil. Untuk membantu proses penyabunan bisa menggunakan spons, sedangkan untuk mengangkat kotoran dapat menggunakan kuas ataupun sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit dan penuh kotoran. Setelah itu, keringkan seluruh bagian mesin dengan kain perca atau handuk.

Penggunaan botol spray untuk menyemprotkan air

Seluruh proses harus dilakukan dengan cermat. Apabila anda ragu sebaiknya proses ini diserahkan kepada salon mobil. Namun tanyakan dulu langkah-langkah mereka dalam mencuci mesin mobil, apabila proses yang mereka jelaskan terkesan sembrono dan kurang professional atau tidak masuk akal maka dapat mencari salon lain. Tanyakan juga garansi hasil pengerjaan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakailah Botol bekas spray untuk menyemprotkan air
 Nah itu lah tips atau cara mencuci mesin mobil yang saya dapat dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, yahhh. Minimalnya kita bisa tahu lah. Bagian-bagian mana saja yang harus kita protect atau dilindungi sebelum kita mengguyur mesin mobil.
Biaklah sobat semuanya. Sampai disini artikel berbagi kita kali ini, semoga bermanfaat sampai berjumpa di artikel berikutnya.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments