-->

Cara Membersihkan Karburator sendiri

Karburator adalah komponen vital pada sebuah kendaraan, karena dengan komponen inilah asupan bahan bakar dan angin di campur dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan pembakaran yang optimal.
Sering kita dengar pada beberapa pemilik kendaraan yang mengeluhkan “pemakaian bahan bakar mobilnya boros”, mungkin untuk menjawab keluhan ini bisa jadi karena setelah karburator yang sudah tidak stabil atau memang karburatornya sendiri rusak. Tapi tenang saja. Menurut data dari beberapa sumber bahwa kerusakan pada karburator jarang terjadi. Tetapi permsalahan disini yang bisa mengakibatkan campuran bbm dan udara yang tidak maksimal adalah karena adanya kotoran di dalam karburator itu sendiri yang mengakibatkan lubang-lubang spuyernya mampet.
Baiklah disini saya akan mencoba berbagi ilmu supaya kita bisa membersihkan karburator itu sendiri, untuk Cara membersihkan karburator sendiri sangatlah mudah, apalagi untuk kendaraan seperti kijang. Oh iya. Disini saya akan membahas untuk cara membersihkan karburator sendiri pada mobil kijang super (saya punya nya mobil itu gan.. he.he. ), tapi tidak perlu khawatir untuk prinsip kerja karburator semuanya sama kok.

Peralatan : 


  1. kunci pas 10, 12 dan 14 mm
  2. Obeng minus dan carburator cleaner (banyak di jual di toko-toko otomotif)

Proses kerja :

  1. Buka rumah filter udara serta filternya dengan kunci 10 dan 12 mm
  2. Buka setelah udara yang ada di sebelah kanan bawah karburator sampai lepas, supaya bensin yang ada di dalam pelampung habis. Lalu baud nya simpan jangan sampai hilang (Gb.01)
  3. Lalu buka baud drain 14 mm penutup spuyer yang tempatnya ada di bagian depan bodi karburator (Gb.02), setelah baud ini lepas, makan kita akan melihat spuyer-spuyer yang ada pada bagian dalam karburator, semprotlah spuyer-spuyernya dan baud setelan angin tadi dengan karburator cleaner. Setelah selesai semprot pasang lagi baud-baud tadi dan hidupkan kembali mesin mobil.
  4. Setelah angin yang masuk ke karburator supaya langsam, kira-kira 1,5 putaran. Lalu bekap dengan telapak tangan beberapa kali (Gb.03), tujuannya untuk mengeluarkan kotoran yang tersisa di dalam karburator. 
  5. Lanjutkan semprot karburator cleaner ke dalam karburator (Gb.04), makan putaran mesin akan turun dan seperti mau mati. Sebaiknya naikan putaran dengan membuka skep gas, apabila mesin mati, silahkan hidupkan kembali.
  6. Setelah kelar membersihkan, setel kembali angin. Tutup baut setelan dulu sampai mesin mau mati, lalu putar untuk membuka kira-kira 1,5 putaran. Dapatkan feeling terbaik, karena saat dibuka, putaran mesin akan naik. Sampai suatu saat, putaran mesin akan turun. Hentikan putaran saat putaran mesin tertinggi dan stabil. Kalau perlu tambahkan seperempat putaran supaya mudah hidup pada saat dingin.  

Selesai lah sudah kita membersihkan karburator dari kotor, gimana mudah bukan. Jadi kalau kita sudah tahu Cara membersihkan karburator sendiri, kita tidak perlu membawa nya ke bengkel. Cukup melakukannya sendiri dengan mengikuti tahapan-tahapannya seperti di atas. Mudah-mudahan bermanfaat.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments