-->

Cara mengetahui Aki mobil sering tekor



Selamat berjumpa lagi para pembaca semuanya, kali ini saya ingin sharing pengalaman saya mengenai masalah Aki mobil sering tekor. Karena kondisi seperti ini, benar-benar membuat saya penasaran, sehingga dengan keterbatasan ilmu saya di bidang kelistrikan mobil. Maka saya mencari informasi seputar penyebab aki mobil sering tekor.
Baiklah untuk mengetahui penyebab aki mobil sering tekor, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui kondisinya karena faktor penyebabnya bisa lebih dari satu saja.

Penyebab aki mobil sering tekor adalah :

  1. Mobil yang lama tidak dipakai dan mobil jarang di panaskan, untuk mobil yang jarang digunakan sebaikanya di panaskan atau dihidupkan setiap 2 hari sekali selama 5 menit. Hal ini dilakukan supaya aki tetap mendapat asupan listrik dari alternator.
    Hidupkan mobil 2 hari sekali selama 5 menit
  2. Alternator (dinamo Amphere) sudah lemah atau rusak, apabila Alternator sudah lemah atau tidak bisa lagi mensupply listrik ke aki, maka aki pun akan tekor, untuk mengetahui alternator masih berfungsi dengan baik sangatlah mudah, yaitu dengan mengecek panel di listrik yang bergambar aki pada dashboard mobil, apabila gambar aki tersebut merah dan pada saat mobil dihidupkan tanda tersebut mati, maka di diindikasikan alternator berfungsi dengan baik, maksudnya listrik yang ada di aki sudah penuh.
    alternator (dinamo amphere)
  3. Accu atau aki mobil, apabila dari 2 faktor di atas sudah dilakukan pengecekan dan ternyata masih terjadi aki mobi sering tekor,cobalah di stroom dengan alat stroom aki, apabila setelah di stroom aki mobil masih tekor juga, bisa jadi aki mobil tersebut sudah rusak, atau sudah waktunya di ganti, adapun masa pemakaian aki normal itu adalah rata-rata 3-4 tahun, dan itupun tergantung dari perawatannya 
  4. Pemakaian berlebih, maksudnya adalah, pemakaian listrik dari aki lebih besar daripada listrik yang ada di aki, dan capasitas supply listrik dari alternator ke aki, solusi untuk ini adalah ada 2 cara yaitu, mengurangi pemakaian stroom di mobil, atau dengan menambah kapasitas aki dan alternator nya. Supaya listrik yang masuk ke aki lebih besar, dan pemakaian listrik seimbang.
  5. Kebocoran/korsleting, cobalah di teliti bisa saja terjadi kebocoran stroom atau korsleting pada jalur stroom, karena kondisi seperti ini bisa berpengaruh terhadap stroom yang tersimpan di aki, yaitu menjadi cepat tekor 
  6. Kabel accu, yang dimaksud kabel disini adalah kabel yang dari dinamo amphere, karena apabila kabel ini kendor maka supply stroom yang masuk ke aki pun menjadi tidak maksimal, cobalah di kencangkan supaya masukan stroom yang masuk ke aki menjadi lebih maksimal
  7. Dioda kiprok, untuk yang satu ini anda cukup mengecek apakah dioda kiproknya masih berfungsi atau tidak, apabila sudah rusak, segeralah ganti.
 Baiklah para sobat semuanya, mungkin cukup sampai disini dulu informasi untuk penyebab dan solusi aki mobil sering tekor. Mudah-mudahan membantu.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments